MySQL Server 2008 adalah salah satu server database MySQL. Interface, penggunaan yang mudah , serta fitur - fiturnya yang lengkap, membuat para programmer untuk menggunakan server ini. Dalam mengkoneksikan
ke database MySQL Server 2008, dapat masuk(login) sebagai administrator atau pengguna(user) yang telah terdaftar di dalam MySQL Server itu sendiri. Di kalangan perusahaan(perkantoran), database adalah hal yang sangat penting dan tentu di gunakan oleh banyak pihak. Oleh karena database penting dapat digunakan oleh setiap orang. Untuk itu, administrator database harus membatasi hak akses user ke database sehingga tidak terjadi kejahatan manipulasi data dari user yang tak bertanggung jawab, seperti sintaks INSERT, UPDATE, DELETE. Jadi user hanya bisa melihat data saja dengan menggunakan sintaks SELECT.

Langkah - langkah membatasi hak akses pada seorang user (pengguna) :

1. Login sebagai admin terlebih dahulu.



2. Setelah login sebagai admin, pilih 'Security', lalu pilih 'Login'. Klik kanan dan pilih 'New Login'.



3. Isikan nama user di kotak 'Login Name'. Lalu pilih 'SQL Server Authentication'. Jika ingin diisikan password, isikan pada kolom Password. Hilangkan centang pada kotak Enforce password policy. Kolom itu berfungsi agar password yang kita tulis mengikuti aturan password, jadi sebaiknya dihilangkan saja. Di dalam Default database, pilih database yang akan digunakan oleh user.




4. Setelah selesai, pilih tab User Mapping pada menu di samping kiri.Setelah tampilan muncul, centang nama database yang user akan gunakan. Centang juga db_denydatawriter dan db_owner di kolom bawah. Dengan mencentang kotak - kotak tersebut, maka user tidak akan bisa menggunakan sintaks INSERT, UPDATE, DELETE. Hanya bisa menggunakan sintaks SELECT. Klik OK.



5. Logout dari admin, dengan cara mengklik Disconnect.




6. Login lagi dengan mengklik Connect pada tempat yang sama dengan Disconnect tadi.




7. Masukkan username dan password dari user yang sudah dibuat tadi.. Klik Connect.




8. Setelah login, coba mengklik database lain selain database yang kita setting sebelumnya. Maka akan muncul error, karena user tidak memiliki hak akses terhadap database lain.


9. Coba hak akses tadi dengan cara membuat query sintaks.


0 komentar: