Assalammualaikum, Hello guys :). Udah lama ya saya nggak Posting something di blog ini. Ya sejatinya blog ini awalnya untuk tugas aja, tapi Insyaallah multifungsi dari blog ini akan segera terealisasi. Untuk kali ini, saya akan berbagi tentang Membuat Database
dalam kontek Normalisasi, artinya sebuah database yang sudah baik dan benar untuk semua halnya. Dalam pembuatan database Normalisasi ini, saa menggunakan Microsoft Access. Database ini berisi tentang Sebuah Pengelolaan rumah Zakat baik itu zakat fitrah, maupun zakat maal.
Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka Microsoft Access dan setelah itu pilih 'Blank Database' lalu Tuliskan Nama Databasenya di kolom kanan.


2. lagkah selanjutnya adalah membuat tabel - tabel yang berkaitan dengan database yang akan dibuat.
- tabel Amil
untuk mngisi nya cukup klik kanan lalu pilig 'designe view' dan buat fiel2 yang berkaitan juga, dan jangan lupa berikan primary key nya.


-Tabel barang
lakukan hal yang sama untuk tabel barang.

-tabel Kategori

- Tabel Mustahiq
-


- Tabel Muzakki

-Tabel pembagian

-Tabel Jenis zakat

Sekarang, untuk menghubungkan kesemua tabel tersebut, maka kita buat 'relationship' nya.
-langkah pertama yang teman lakukan adalah klik Menu "Database Tools" dan kemudian pilih submenu "RElationship"( Ini untuk Office 2007)pilih semua nama tabel dan pilih "add". Dan nanti akan tampil seperti berikut:

-langkah selanjutnya adalah menambahkan tabel - tabel yang tadi telah kita buat.


-Selanjutnya, kita akan menghubungkan tabel - tabel yang berkaitan. Caranya, yaitu dengan 'men-drag' isi tabel yang 'primary key' ke nama isi yang sama.


-Dan terakhir adalah relationship

Okey, database yang kita buat telah selesai. Mohon kritik dan saran nya untuk kami, dengan cara meninggalkan komentar anda. Selamat mencoba .:)

0 komentar: